giovedì 15 luglio 2010

KELIBARA

KELIBARA..adalah nama sebuah gunung di wilayah kecamatan Wolojita,Kab. Ende – Flores - Indonesia. KELIBARA merupakan sebutan bahasa Lio yang terdiri atas dua kata KELI yang berarti GUNUNG dan BARA yang berarti PUTIH. Secara harafiah KELIBARA berarti GUNUNG PUTIH.
Di bawah kaki KELIBARA terbentang beberapa perkampungan, salah satunya adalah perkampungan Wiwipemo, yang secara administratif pemerintahan disebut dengan desa WIWIPEMO.
Desa WIWIPEMO terdiri dari beberapa kampung kecil yang merupakan satu kesatuan dalam wilayah adat. Kampung-kampung kecil itu disebut dengan nama: Wologeru, Singikasa, Nuanara, Wiwipemo, Kopoledhe dan Wolopau. Meskipun terdiri atas beberapa kampung kecil namun persatuan dan kesatuan yang terjalin antara kampung-kampung ini terungkap melalui sebutan yang satu dan sama bagi kampung ini yakni Wolopau atau Wologeru atau Wiwipemo.
Di kampung ini ada sebuah Kapela tempat masyarakat kampun gini merayakan ekaristi setiap hari minggu, yang dilayani oleh imam katolik dari Jopu. oya..kampung ini termasuk salah satu lingkungan dari Paroki St. Antonius Jopu. di dalam kampung ini ada juga sebuah sekolah dasar yang telah didirikan lebih dari 50 tahun lalu. Yang menarik dari kampung ini adalah hawanya yang sejuk serta tanahnya yang subur.

Nessun commento:

Posta un commento